Penyakit Kondiloma dan Cara Mengobatinya

Penyakit Kondiloma dan Cara Mengobatinya _ Kondiloma akuminata merupakan salah satu penyakit yang menular lewat hubungan seksual. Kondiloma akuminata merupakan sejenis kutil genitalia yang bisa terjadi pada wanita dan laki-laki semua umur bertekstur lunak dengan tampilan seperti jengger ayam. Penyakit ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti kutil kelamin, kutil kemaluan, jengger ayam, venereal wart, veruka akuminata, genital warts serta kutil genital. Untuk lebih lengkap mengenai penyebab, gejala dan pengobatan Kondiloma akuminata bisa langsung di simak berikut ini.

f:id:annisasilviani026:20170921160614j:plain

Bentuk-bentuk Kondiloma Akuminata

Penyakit Kondiloma akuminata ini memiliki 3 macam bentuk yang berbeda yakni bentuk akuminata, bentuk papul dan juga bentuk datar.

 

Bentuk Akuminata


Ini biasanya terjadi pada area lipatan kulit yang lembab dan terlihat seperti bertangkai dengan membentuk lesi besar sehingga terlihat seperti kembang kol. Lesi berukuran besar ini biasanya dialami oleh wanita hamil yang mengalami fluor albus atau di saat imunitas tubuh sedang mengalami gangguan.

 

Bentuk Papul


Lesi dengan bentuk papul ini umumnya terjadi pada daerah dengan keratinisasi sempurna seperti pada batang penis, vulva bagian lateral serta daerah perineum dan perianal. Bentuk dari papul ini memiliki permukaan yang licin dan halus, multiple serta tersebar secara diskret. Baca juga : Ciri-Ciri Penyakit Kondiloma 

 


Gejala dan Penyebab Kondiloma Akuminata


Umumnya, Kondiloma akuminata tidak menimbulkan gejala yang terlalu terlihat, namun penderita akan merasakan permukaan kulit yang menjadi kasar dan juga gatal. Sedangkan untuk gejala lain yang bisa dijadikan acuan bahwa seseorang menderita Kondiloma akuminata adalah:

  1. Terdapat benjolan sebanyak satu atau banyak di permukaan kulit dengan bentuk seperti jengger ayam.
  2. Terkadang menimbulkan rasa nyeri.
  3. Timbul efek sekunder seperti berwarna kemerahan lalu berubah warna menjadi abu-abu.
  4. Berbau tidak sedap.
  5. Terjadi di lipatan lembab genitalia eksterna seperti anus, pangkal penis, prepusium, introitus vagina, labia minor dan sebagainya.
  6. Timbul bintik-bintik pada area sekitar alat kelamin.
  7. Timbul benjolan berbentuk seperti brokoli pada sekitar alat vital.
  8. Akan menyebar dan menjalar jika dibiarkan.

f:id:annisasilviani026:20180220001724j:plain

Komplikasi Akibat Kondiloma

Timbulnya kanker. Infeksi HPV adalah salah satu penyebab utama kanker serviks, kanker vulva, kanker anus dan kanker penis. Meskipun tidak semua infeksi HPV menyebabkan kanker serviks, namun sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV. Sangat penting bagi seorang wanita untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear secara teratur. Penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa infeksi HPV juga terkait erat dengan kanker kepala, leher dan kanker mulut.

Masalah Pada Kehamilan. Ibu hamil yang memiliki kutil kelamin mungkin akan memiliki masalah buang air kecil. Jika ada kutil di dinding vagina maka jaringan vagina sulit untuk meregang saat melahirkan. Selain itu ada resiko sang bayi memiliki kutil di bagian tenggorokannya (laring papillomatosis). Kutil kelamin pada tenggorokan mungkin memerlukan pembedahan untuk mencegah jalan napas menjadi terhambat. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kutil kelamin yang tumbuh, atau mengakibatkan perdarahan.

Kutil kelamin atau Human Paviloma Virus dapat menular lewat genital, oral dan anal seks. Hampir tiap kasus kutil atau condyloma, bisa dikurangi dengan melakukan penanganan secara kontinyu. HPV tidak akan pernah bisa menyerang keseluruhan badan, maka penanganannya harus difokuskan pada pendekatan sistematik. Penanganan sebagai follow-upnya benar-benar penting, sama pentingnya dengan menghindari aktivitas seks selama proses penyembuhan belum selesai.

Membasmi kutil kelamin yang disebabkan oleh Virus HPV tidak sama dengan pengobatan biasa, orang yang sudah terinveksi virus ini tidak boleh membiarkan virus berkembang biak di dalam tubuh dalam waktu yang lama, jika orang telah menyadari menderita penyakit kutil kelamin sudah seharusnya segera melakukan proses pengobatan secepat mungkin.

Jika Anda Terkena Penyakit Kutil Kelami, Kondiloma Akuminata atau Jengger Ayam

Kami De Nature Indonesia Memiliki Solusinya Tanpa Operasi 

f:id:annisasilviani026:20170921161024g:plain

f:id:annisasilviani026:20171111154726p:plain